Senin, 01 Oktober 2012

BAHASA SEBAGAI JATI DIRI

Diposting oleh Novita Indah Carlina di 07.28
           Bahasa adalah sesuatu yang sering kita gunakan sehari-hari untuk ber- komunikasi kepada orang lain. Dan juga merupakan suatu jati diri bangsa atau identitas suatu bangsa. Karena setiap bangsa memiliki bahasanya sendiri untuk berkomunikasi kepada sesama manusia. Maka dari itu Bahasa adalah yang paling baik dalam menunjukkan identitas kultural suatu bangsa. Dengan kata lain bahasa menunjukkan bangsa. Bahasa yang digunakan berbeda-beda sesuai dengan negaranya masing-masing. Setiap negara juga memiliki suatu bahasa lokal atau sering disebut bahasa daerah. Misalnya di negara kita negara Indonesia. Negara Indonesia memiliki beraneka ragam bahasa setiap daerahnya. Ada bahasa Jawa, Batak, Sunda, Betawi, Madura dll.

Dua hal yang menyangkut perilaku bahasa. Pertama, pada saat kita berbahasa Indonesia seharusnya kita menggunakannya sedemikian rupa sehingga jati diri kita sebagai bangsa Indonesia tetap tampak dan terjaga. Kedua,pada saat kita menggunakan bahasa daerah, hendaknya bahasa daerah yang kita gunakan itu juga mencerminkan jati diri keetnisan kita masing-masing. Dengan kata lain, jati diri sebagai bangsa ataupun suku bangsa/kelompok etnis perlu ditampilkan dalam setiap pandangan, sikap, dan perbuatan yang salah satu bentuk pengungkapannya adalah perilaku berbahasa.

Maka dari itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus senantiasa kita jaga dan kita melestarikan. Dan juga harus menggunakan bahasa yang baik. Karna di era globalisasi saat ini bahasa sangat penting untuk menunjukan suatu identitas suatu bangsa. Bahasa juga dapat membedakan antara bangsa yang satu dan yang lainnya. Namun, sayangnya bahasa Indonesia yang kita gunakan sehari-hari sudah sangat memprihatinkan. Karna banyak para remaja yang menyelipkan bahasa asing dalam bahasa Indonesianya. Akibatnya, wajah Indonesia menjadi tampak asing di mata masyarakatnya sendiri. Kondisi seperti itu harus kita sikapi dengan bijak agar kita tidak menjadi asing di negeri sendiri.

Seperti pada saat kita berbicara dengan teman menggunakan bahasa Indonesia yang benar, bukannya kita bangga dengan menggunakan bahasa yang benar malah kita ditertawakan ada dibilang “gak gaul”. Dengan sikap seperti ini yang akan melunturkan Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa Indonesia. Padahal seharusnya kita bangga dengan menggunakan bahasa kita sendiri dengan baik dan benar. Bukan malah menjelekannya.

Disisi lain masyarakat yang menyelipkan bahasa asing dalam berbicara bahasa Indonesia akan terlihat keren atau lebih terlihat intelek. Padahal hal tersebut membuat jati diri suatu bangsa akan semakin pudar. Oleh karena itu, sebagai suatu simbol jati diri kedaerahan, bahasa dan sastra daerah juga harus kita jaga dan kita pelihara untuk menunjukkan jati diri dan kebanggaan kita sebagai anggota masyarakat daerah.

Sebagai warga negara Indonesia, kita tidak boleh kehilangan jati diri kita sebagai suatu bangsa dan sebagai putra daerah, kita tidak boleh kehilangan jati diri kedaerahan kita agar kita tidak tercerabut dari akar budayanya. Sebagai putra daerah, kita tidak boleh kehilangan jati diri kedaerahannya, dan sebagai putra Indonesia, kita tidak boleh kehilangan jati diri kita sebagai suatu bangsa. Oleh karena itu kita sebagai generasi bangsa mulailah menggunakan bahasa yang baik, agar jati diri bangsa kita semakin terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Novita Indah Carlina Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei | web hosting